Minggu, 05 Januari 2014

Pemahaman Tentang pengertian dari Tanggung Jawab

Pengertian Tanggung Jawab
Tanggung jawab menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah, keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. sehingga bertanggung jawab adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, dan memberikan jawab serta menanggung akibatnya.
Adapun macam-macam tanggung jawab :
1.tanggung jawab terhadap diri sendiri, contoh : Andi membaca sambil berjalan, lalu ia terjatuh, akibatnya ia aharus beristirahat dirawat di rumah dan tidak sekolah. konsekuensi tidak bersekolah dan tinggal dirumah.
2. tanggung jawab terhadap keluarga, contoh : seorang ibu hidup dengan tiga anak, karena suaminya meninggal dia harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup anak-anaknya, walapun harus menjadi pelacur sekalipun, karena demi memberikan kehidupan dan bertanggung jawab atas ketiga anaknya.
Contoh tanggung jawab yang baik antar manusia :
Seorang pelajar memiliki kewajiban belajar. bila belajar, maka hal itu berarti ia telah memenuhi kewajibanya serta dia juga telah bertanggung jawab atas kewajibannya. kadar penanggung jawabnnya adalah bila dalam ujian dia akan menerima hasil ujiannya apakah A, B, atau C.
Seseorang mau bertanggung jawab karena ada kesadaran atau pengertian atas segala perbuatan dan akibatnya dan atas kepentingan pihak lain. Timbulnya sikap tanggung jawab karena manusia itu hidup bermasyarakat dan hidup dalam lingkungan alam.

Tanggapan :

Menurut pendapat saya setiap orang seharusnya menyadari akan pentingnya dari tanggung jawab, agar semua orang bisa terbiasa hidup disiplin. Tanggung jawab sangatlah penting, karena setiap ucapan kita, perilaku bahkan apa saja yang kita perbuat semuanya tidak lepas dari pertanggung jawaban diri kita dan semua yang terucap semuanya bisa di pertanggung jawabkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar